Buka jam 09.00 s/d jam 16.00 , Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Mengasah Otak dengan Banyak Membaca buku

Mengasah Otak dengan Banyak Membaca buku

Diposting pada 25 November 2018 oleh Neneng Keke

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagaimana Mengasah Otak dengan Cara Banyak Membaca buku?

 

Apakah Anda ingin menjadi Orang hebat?.  Silahkan Praktekkan Cara Melatih Otak Kanan Ini

 

Mengapa cara melatih otak kanan, belakangan ini begitu menjamur di sebagian masyarakat? Yah memang, belakangan  ini begitu banyak informasi dan mitos yang berkembang di masyarakat tentang otak kanan dan otak kiri.

 

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai perbedaan otak kanan dan otak kiri dapat penulis ilustrasikan sebagai berikut:

-Prinsip kerja otak kanan adalah selalu dinamis, bagian ini paling suka dengan tantangan dan perubahan, tidak terduga, spontan dan berubah-ubah berbeda dengan prinsip kerja otak kiri yang lebih terukur dan terencana, lebih matematis lebih detail atau lebih singkatnya

-Otak kiri lebih suka melakukan hal-hal yang sama dengan cara yang sama, hal ini tentunya sangat bertentangan dengan otak kanan yang sangat suka dengan perubahan dan tantangan.

 

Perbedaan ilustrasi antara otak kiri dan otak kanan dapat kita lihat pada dua profesi yang berbeda yaitu karyawan dan pengusaha. Karyawan adalah profesi yang lebih mengandalkan keahlian teknis yang detail, nyaman dengan zona aman, butuh fokus, kurang suka perubahan dan tantangan.

 

Berbeda dengan profesi pengusaha yang selalu dinamis dengan perubahan, kurang menguasai hal-hal teknis, tidak terlalu fokus pada hal-hal detail. Karyawan adalah interprestasi otak kiri sedangkan Pengusaha adalah interprestasi otak kanan.

 

Dengan prinsip kerja demikian, banyak sekali orang yang berusaha menguasai cara melatih otak kanan untuk lebih mempertajam otak kanan nya.

 

Cara melatih otak kanan dengan  mengasah kreatifitas

 

Cara melatih otak kanan yang paling praktis dan mudah adalah dengan mengasah kreatifitas. Cara ini dapat diterapkan dengan melakukan aktifitas yang menonjolkan sisi kreatifitas seperti menulis, membuat puisi, menggambar, desain baju, fotografi dan aktifitas lain yang membutuhkan kreatifitas.

 

Kegiatan-kegiatan tersebut adalah makanan otak kanan karena membutuhkan ide-ide segar dan kemampuan mengesplor aktualisasi diri. Dengan terus mengasah kreatifitas otomatis akan mengasah otak kanan .

 

Cara melatih otak kanan: melakukan hal yang disukai atau hobi …

 

Suatu cara melatih otak kanan lainnya yang sangat praktis adalah dengan melakukan hal yang kita sukai atau hobi kita. Secara tidak sadar ketika kita melakukan hobi maka tidak akan pernah terjadi kebosanan pada diri kita. Kita akan senang dan sukarela melakukannya walaupun banyak sekali tantangan dan bahkan beaya yang kita keluarkan.

 

Demi hobi bahkan orang rela mengorbankan sebagian waktu untuk menekuninya. Hobi ini sangat potensial melatih otak kanan karena sangat berkaitan erat dengan kreatifitas.

 

Dengan menekuni hobi, biasanya hidup kita akan bertambah semangat dan ada spirit baru. Contoh hobi yang dapat mengasah otak kanan: mendaki gunung, memancing, bermain game online, jogging dan lain sebagainya.

 

Cara melatih otak kanan dengan humor …

 

Dapat kita lihat di sekitar kita orang-orang yang selalu ceria adalah orang yang suku humor dan becanda. Orang yang kuat otak kanannya selalu berfikir kedepan, menggali ide-ide baru dan menyukai tantangan.

 

Kadang jika sedang merasakan suatu kebosanan atau sedang dihadapi tantangan yang cukup berat, maka untuk sekedar menjaga spirit, humor adalah pelampiasan orang-orang yang kuat otak kanannya.

 

Guyonan segar dan humor dapat membuat kita rileks sebentar dari rutinitas yang cukup melelahkan. Berbeda dengan otak kiri yang sering mengeluh jika menghadapai masalah maka humor adalah cara cerdas orang-orang kanan untuk melampiaskan kebosanan dan menjaga spirit dalam hidupnya.

 

Cara melatih otak kanan dengan musik …

 

Musik itu  indah dan sangat sarat dengan seni. Musik menjadi aktualisasi dari ungkapan perasaan yang sukar diungkapkan dengan kata-kata dan hanya bisa diungkapkan melalui lirik-lirik lagu.

Orang dengan otak kanan yang kuat sangat suka menikmati keindahan musik.

 

Musik adalah makanan orang-orang kanan, tentu saja adalah musik yang selalu menggelorakan semangat dan penuh ide-ide brilian dan bukan musik yang mendayu-dayu dan lirik-lirik lagu mellow yang sangat menyayat hati.

 

Bisa kita lihat para pemain musik seperti penyanyi dan pencipta lagu adalah orang yang kuat otak kanan nya …

 

Cara Melatih Otak Kanan  Dengan Cara Membaca Al-Qur’an …

 

Bila kita membaca  ayat-ayat suci Al-Qur’an, maka kedudukan tulisan berbeda dengan tulisan latin biasa. Posisi yang saling bertolak belakang.

 

Bila tulisan latin bermula dari sebelah kiri menuju sebelah kanan, kalau tulisan Al-Qur’an bermula dari sebelah kanan menuju sebelah kiri.

 

Memang kalau kita amati, semua amalan ibadah agama bermula dari kanan. Ternyata hal itu dapat dijadikan terapi otak kita, iaitu melatih kemampuan otak kanan.

Untuk itu, ada baiknya kita ketahui dahulu karakter yang dimiliki oleh dua jenis otak ini.

 

Fungsi otak kanan adalah divergen, analogi, kukuh, imaginatif, asosiatif, intuitif, majmuk, holistik, subjektif, serentak, fleksibel, kreatif, visual, carian pola.

Sedangkan fungsi otak kiri adalah konvergen, digital, abstrak, proporsional, analitik, linier, sekuensial, analitik, objektif, satu-satu, kaku, matematikal, verbal, pengguna pola.

 

Si otak kanan berkarakter humoris, simple, menyenangkan, boros, lebih percaya intuisi, berantakan-kacau, idea = ekspresi diri, lebih memilih perasaan sebagai penyelesaian masalah, suka bertualang, bermimpi besar, tukang sorak, “pelanggar peraturan”, spontan.

 

Si otak kiri berkarakter serius, rumit, membosankan, hemat, lebih percayai fakta, rapi-terancang, idea = keuntungan, lebih memilih keilmuan, hati-hati, berpengetahuan , penyokong diam, pembuat Peraturan, konservatif, mudah ditebak.

 

Selama ini kebanyakan kita terbiasa menggunakan otak kanan dalam segala kegiatan, padahal yang diinginkan adalah keseimbangan antara dua otak tersebut. Maka kita perlu mengadakan perubahan kecil dengan merubah pola itu.

 

Lalu Bagaimana Melatih Otak Kanan?

 

Purdie Chandra, “Yang kami alami sendiri, ia itu melakukan zikir dalam hati. Zikir dalam hati juga boleh dilakukan kapan saja dan dimana saja. Cara lain yaitu dengan melakukan solat malam, atau Tahajud, dan solat minta petunjuk atau Istikharah. Dengan berpuasa juga akan dapat mencerdaskan otak kanan.

 

Membaca tulisan-tulisan Al-Qur’an.Dengan kita membaca tulisan-tulisan  Al-Qur’an, dari kanan ke kiri, maka ini akan melatih otak kanan.

 

Membaca buku  adalah satu aktivitas  yang memiliki berbagai macam manfaat.

Sedikitnya ada 8 manfaat membaca buku  yang dapat kami uraikan antara lain

 

1.Melatih kemampuan berpikir

 

Otak ibarat sebuah pedang, semakin diasah akan semakin tajam. Kebalikannya jika tidak diasah, juga akan tumpul.

Apakah alat yang efektif untuk mengasah otak?

jawabannya adalah membaca buku . Menurut Astri Novia (2010) pilihlah satu jenis buku yang Anda sukai, apakah literatur klasik, fiksi ilmiah, atau buku pengembangan diri. Dengan cara ini otak akan bertambah kuat. Bacalah buku sebanyak mungkin. Menurut para ahli, keuntungan dari membaca buku  buku dapat memberikan dampak yang menyenangkan bagi otak kita. Membaca buku  juga membantu meningkatkan keahlian kognitif dan meningkatkan perbendaharaan kosakata.

2.Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan

 

Manfaat yang satu ini mungkin sudah sering kita dengar semenjak kita masih kecil. Kita pasti ingat berapa kali guru-guru kita mengingatkan bahwa membaca buku  adalah satu sarana untuk membuka cakrawala dunia.

Dengan memiliki banyak wawasan dan ilmu pengetahuan, kita akan lebih percaya diri dalam menatap dunia. Mampu menyesuaikan diri dalam berbagai pergaulan dan tetap bisa bertahan dalam menghadapi gejolak zaman.

 

3.Meningkatkan Pemahaman

 

Contoh nyata dari manfaat ini banyak dirasakan oleh siswa maupun mahasiswa. Di mana membaca buku  dapat meningkatkan pemahaman dan memori, yang semula tidak mereka mengerti menjadi lebih jelas setelah membaca buku .

Logika sederhana saja, tidak mungkin siswa atau mahasiswa memahami materi pelajaran/kuliah kalau mereka tidak membaca buku . Dari sini jelas bahwa membaca buku  sangat berperan dalam membantu seseorang untuk meningkatkan pemahaman terhadap suatu bahan/materi yang dipelajari.

 

4.Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan

 

Manfaat yang satu ini mungkin sudah sering kita dengar semenjak kita masih kecil. Kita pasti ingat berapa kali guru-guru kita mengingatkan bahwa membaca buku  adalah satu sarana untuk membuka cakrawala dunia.

Dengan memiliki banyak wawasan dan ilmu pengetahuan, kita akan lebih percaya diri dalam menatap dunia. Mampu menyesuaikan diri dalam berbagai pergaulan dan tetap bisa bertahan dalam menghadapi gejolak zaman.

 

5.Mendukung kemampuan berbicara di depan umum

 

Membaca buku  adalah aktivitas yang akan membuka cakrawala dan pengetahuan anda terhadap dunia. Terbatasnya jangkauan diri kita terhadap peristiwa-peristiwa di dunia, hanya bisa dijangkau dengan membaca buku .

Selain mendapatkan informasi tentang berbagai peristiwa, membaca buku  juga mampu meningkatkan pola pikir, kreativitas dan kemampuan verbal, karena membaca buku  akan memperkaya kosa kata dan kekuatan kata-kata.

Meningkatnya pola pikir, kreativitas dan kemampuan verbal akan sangat mendukung dalam meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.

5.Mengasah kemampuan menulis

 

Selain menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, membaca buku  juga bisa mengasah kemampuan menulis Anda. Selain karena wawasan Anda untuk bahan menulis semakin luas, Anda juga bisa mempelajari gaya-gaya menulis orang lain dengan membaca buku  tulisannya. Lewat membaca buku  Anda bisa mendapatkan kekayaan ide yang melimpah untuk menulis.

6.Meningkatkan Konsentrasi

 

Orang yang suka membaca buku  akan memiliki otak yang lebih konsentrasi dan fokus. Karena fokus ini, pembaca akan memiliki kemampuan untuk memiliki perhatian penuh dan praktis dalam kehidupan. Ini juga mengembangkan keterampilan  dalam pengambilan keputusan.

 

7.Menjauhkan risiko penyakit Alzheimer

 

Membaca buku  benar-benar dapat langsung meningkatkan daya ikat otak. Ketika membaca buku , otak akan dirangsang dan stimulasi (rangsangan) secara teratur dapat membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer.

Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan otak seperti membaca buku  buku atau majalah, bermain teka-teki silang, sudoku, dan lain-lain dapat menunda atau mencegah kehilangan memori. Menurut para peneliti, kegiatan ini merangsang sel-sel otak dapat terhubung dan tumbuh.

 

8.Sarana Refleksi dan Pengembangan Diri

 

Kita dapat mengetahui pemikiran seorang pengusaha atau seorang trainer tanpa kita harus menjadi pengusaha atau trainer. Artinya kita bisa mempelajari bagaimana cara orang lain dalam mengembangkan diri. Ini penting bagi kita sebagai bahan pertimbangan atau pembanding sebelum kita melakukan suatu hal.

 

Dari apa yang sudah disebutkan tadi, jelas terlihat bahwa membaca sangat penting bagi kesehatan otak kita. Orang yang rajin membaca, kesehatan otaknya akan semakin terjaga, sehingga akan menjadi lebih sehat.

 

Sayangnya, masih sangat sedikit orang yang memiliki kebiasaan membaca. Dari data yang pernah dikeluarkan oleh PBB, Indonesia menduduki urutan ke-61 dilihat dari kebiasaan membaca para penduduknya. Sangat jauh jika dibandingkan negara-negara tetangga, seperti Vietnam dan Malaysia.

 

Rasa malas, adalah faktor utama penyebab orang Indonesia tidak hobi membaca. Kegiatan membaca sering dianggap sebagai kegiatan yang membuang waktu.

 

Apalagi, orang Indonesia termasuk orang yang cepat bosan. Belum selesai membaca satu buku, sudah bosan. Lalu berpindah ke bacaan lainnya, atau bahkan berhenti membaca.

 

Padahal, hal itu bisa dihindari jika Anda menguasai teknik membaca cepat. Dengan teknik ini, maka membaca tidak akan lagi menjadi kegiatan yang buang-buang waktu. Membaca dapat dilakukan lebih efisien dan efektif, sehingga tidak akan mengganggu aktivitas Anda.

 

Dengan teknik membaca yang lebih efektif dan efisien, maka Anda akan semakin cepat memahami bahan bacaan yang sedang dibaca. Dengan begitu, Anda akan terus merasa ingin membaca karena sudah merasakan manfaatnya.

Baca juga Cara Cepat Belajar Al Quran

 

 

 

Sumber Inspirasi:

 

Astri Novia. (2010). Melatih Otak Setajam Silet. Yogjakata: Media Pressindo

 

Prisna Adisti. (2010). Personality Plus for Teens. Yogjakarta: Pustaka Grhatama.

 

Merry Wahyuningsih. (2011). 5 Manfaat Membaca buku  Buku untuk Kesehatan http://health.detik.com

 

sumber : http://cafemotivasi.com/8-manfaat-membaca buku /

Bagikan informasi tentang Mengasah Otak dengan Banyak Membaca buku kepada teman atau kerabat Anda.

Mengasah Otak dengan Banyak Membaca buku | jualbukuislamdepok.com

Belum ada komentar untuk Mengasah Otak dengan Banyak Membaca buku

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
December 2018
M T W T F S S
« Sep    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
chat via WA
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan